9 fungsi pada microsft excel yang dapat memudahkan pekerjaaan
9 fungsi pada microsft excel yang dapat memudahkan pekerjaaan |
pada microsoft excel sebenarnya fungsi adalah rumus yang sudah disediakan oleh microsoft excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan . kita tingggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka , label , rumus , alamat , sel atau range. argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ( ) .lalu apa saja ke sembilan fungsi yang pada microsoft excel yang dapat memudahkan perkejaan.
9 fungsi excel yang sering digunakan dan memudahkan perkejaan .
1 fungsi average (...)
fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata- rata dari sekumpulan data ( range ) . bentuk umum penulisannya adalah =average( number 1 ;number2;.......) . dimana number 1 , number 2 dan seterusnya adalah range data yang akan dicari rata-ratanya.
2. fungsi Max (...)
fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data ( range ) . bentuk umum penulisannya adalah =max( number 1 ;number 2 ;......) . dimana number 1 , number 2 dan seterusnya ada;ah range data yang akan dicari nilai tertingginya
3 . fungsi min ( ...)
sama halnya dengan fungsi max , bedanya adalah fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik .
4.fungsi sum ( ...)
fungsi sum digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range ,bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =sum( number1;number2;......) dimana number1,number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan
5.fungsi logika IF (...)
fungsi ini digunakan jika data yang dimaksudkan mempunyai kondisi tertentu , misalnya jika nilai sel A1=1, maka hasilnya2 , jika tidak maka akan bernilai 0. biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi ( pembanding ) seperti berikut
= : sama dengan< : lebih kecil dari> : lebih besar dari<= : lebih kecil dari sama dengan>= : lebih besar dari sama dengan<> : tidak sama dengan
6.fungsi left ( ..)
fungsi left ini biasa nya digunakan untuk mengambil dan mencari karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks pada suatu cel. bentuk umum penulisannya adalah =left( text;num_chars) dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri,num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
7.fungsi mid ( ...)
fungsi ini biasanya digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks pada suatu cell.bentuk umum pemakaian ini adalah =mid(text;start_num;num_chars). artinya adalah mengambil karakter mulai dari strat_num, sebanyak num_char.
8.fungsi right (..)
fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left , fungsi ini akan mengambil sebagian karater tapi dari arah atau posisi kanan . untuk penulisanya hampir sama dengan left cuman tulisan left diganti dengan right =right(text;num_chars).
9 fungsi Hlookup dan vlookup
fungsi hlookup dan vlookup digunakan untuk membaca suatu label secara horizontal ( hlookup ) atau secara vertikal ( vlookup ) bentuk umum fungsi ini adalah :
=vlookup(lookup_value;table_array;row_index_num;......)=hlookup(lookup_value;table_array;col_index_num;........)
dari rumus diatas dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja, kalau kita pakai hlookup ,maka digunakan nomor indeks baris , tapi kalau pakai vlookup digunakan nomor index kolom . nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom.baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut.
------sekian postingan teknocips .. semoga bermanfaat----
Post a Comment for "9 fungsi pada microsft excel yang dapat memudahkan pekerjaaan"